Sabtu, 16 Januari 2016

Waktu Dalam proyeksi Hisab



  Hubungan Waktu  dan Hisab Bagi Perjalanan Hidup  Manusia “
Oleh  Drs.H  Hamzah  Ahmad MM


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Assalamu’alaikum Wr.Wb.      
Puji  syukur  kehadirat  Allah SWT, Sholawat   teriring salam tercurah kepada  Nabi Muhammad SAW.
وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ خِلْفَةً لِّمَنْ أَرَادَ أَن يَذَّكَّرَ أَوْ أَرَادَ شُكُورًا
Dia (Allah) menjadikan malam dan siang silih berganti untuk memberi waktu (kesempatan) kepada orang yang ingin mengingat (mengambil pelajaran) atau orang yang ingin bersyukur (QS Al-Furqan [25]: 62
Harus manusia analisa bahwa sedemikian besar peranan waktu dalam kehidupan  manusia, sehingga Allah Swt. berkali-kali bersumpah dengan menggunakan berbagai kata yang menunjuk pada waktu-waktu tertentu seperti wa Al-Lail (demi Malam), wa An-Nahar (demi Siang), wa As-Subhi, wa AL-Fajr yang  dari  waktu  itu sendiri akan mengarah pada situasi ( keadaan ) secara  keimanan yaitu Hisab.
Apa yang di maksud dengan Waktu dan Hisab ?
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia paling tidak terdapat  kata “waktu”: (1) seluruh rangkaian saat, yang telah berlalu, sekarang, dan yang akan datang.  Sedangkan orang arab mengatakan di dalam
pepatahnya :الوقت كالسيف إن لم تقطعه قطعك ، “Waktu diibaratkan pedang, jika engkau tidak memotongnya maka waktulah yang akan memotongmu “
Dalam analisa lain,waktu memiliki sifat irreversible (tidak pernah kembali), untransfersible (tidak bisa dipindahkan kepada orang lain), unsubstitution (tidak tergantikan oleh apa pun), dan unpayable (tak dapat dibeli).  
Kitab suci Al-Quran menggunakan beberapa kata untuk menunjukkan makna-makna di atas, seperti:
a. Ajal, untuk menunjukkan waktu berakhirnya sesuatu, seperti berakhirnya usia manusia atau masyarakat. Setiap umat mempunyai batas waktu berakhirnya usia (QS Yunus [10]: 49)   Kata ajal memberi kesan bahwa segala sesuatu ada batas waktu berakhirnya, sehingga tidak ada yang langgeng dan abadi kecuali Allah Swt.
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَإِذَا جَاء أَجَلُهُمْ لاَ يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلاَ يَسْتَقْدِمُونَ
Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu [537]; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.   ( QS Al A'raf (7) -Verse 34 )
b. Ashr ; makna aslinya adalah perasan, yang berarti bahwa manusia itu harus memeras pikiran dan keringatnya untuk amal soleh. Menunjukkan bahwa saat – saat yang dialami oleh manusia harus diisi dengan kerja keras, amal shaleh, dsb. Kata ‘ashr adalah hal terpenting dalam kehidupan manusia.
Rasululloh SAW pernah bersabda :   ( نعمتانِ مغْبونٌ فيهما كثيرُ من الناس : الصِحةُ والفراغُ )  “Dua nikmat yang kebanyakan manusia rugi di dalamnya : Kesehatan dan Waktu Luang ” (HR. Bukhari)
Pengertian hisab adalah, peristiwa Allah menampakkan kepada manusia amalan mereka di dunia dan menetapkannya. Allah  SWT mengingatkan dan memberitahukan kepada manusia tentang amalan kebaikan dan keburukan yang telah mereka lakukan. Hisab menurut istilah aqidah memiliki dua pengertian.
Pertama. Al ‘Aradh (penampakan dosa dan pengakuan), Pengertian umum, yaitu seluruh makhluk ditampakkan di hadapan Allah dalam keadaan menampakkan lembaran amalan mereka.
Ini mencakup orang yang dimunaqasyah hisabnya dan yang tidak dihisab.   وَإِن كُلٌّ لَّمَّا جَمِيعٌ لَّدَيْنَا مُحْضَرُونَ  Dan setiap mereka semuanya akan dikumpulkan lagi kepada Kami. (  QS Yaa Siin (36) -Verse 32 )
Situasi  di kumpulkannya  seluruh manusia  tidak lain adalah proses  Hisab ( perhitungan ).
Kedua. Munaqasyah (diperiksa secara sungguh-sungguh) dan inilah yang dinamakan hisab (perhitungan) antara kebaikan dan keburukan.    Sebagai  perenungan sejarah Khalifah Umar  Ibn Khottab  berkata : حَاسِبُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُحَاسَبُوا، وَزِنُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُوزَنُوا،فَإِنَّهُ أَهْوَنُ فِي الْحِسَابِ غَدًا أَنْ تُحَاسِبُوا أَنْفُسَكُمُ الْيَوْمَ  “Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab, timbanglah diri kalian sebelum (amal) kalian ditimbang, karena lebih ringan bagi kalian tatkala kalian dihisab kelak, jika kalian menghisab diri kalian sekarang.” .  
Sebuah doa yang patut kita amalkan demi meraih kemudaan saat dihisab di akhirat kelak.yaitu :  عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ سَمِعْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ فِى بَعْضِ صَلاَتِهِ « اللَّهُمَّ حَاسِبْنِى حِسَاباً يَسِيرًا ». فَلَمَّا انْصَرَفَ قُلْتُ يَا نَبِىَّ اللَّهِ مَا الْحِسَابُ الْيَسِيرُ قَالَ « أَنْ يَنْظُرَ فِى كِتَابِهِ فَيَتَجَاوَزَ عَنْهُ إِنَّهُ مَنْ نُوقِشَ الْحِسَابَ يَوْمَئِذٍ يَا عَائِشَةُ هَلَكَ وَكُلُّ مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ يُكَفِّرُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهِ عَنْهُ حَتَّى الشَّوْكَةُ تَشُوكُهُ ».    Dari Aisyah, ia berkata, saya telah mendengar Nabi Muhammad SAW pada sebagian shalatnya membaca, “Allahumma haasibnii hisaabay yasiiroo (Ya Allah hisablah aku dengan hisab yang mudah).” Ketika beliau berpaling saya bekata, “Wahai Nabi Allah, apa yang dimaksud dengan hisab yang mudah?” Beliau bersabda, “Seseorang yang Allah melihat kitabnya lalu memaafkannya. Karena orang yang diperdebatkan hisabnya pada hari itu, pasti celaka wahai Aisyah. Dan setiap musibah yang menimpa orang beriman Allah akan menghapus (dosanya) karenanya, bahkan sampai duri yang menusuknya.”        
Khotimah :  Waktu dan Hisab bagi  manusia ternyata  sangat  mempunyai hubungan yang erat dalam target hidup yang sempurna bagi kita  manusia. Ketika  kita  menginginkan  proses  hisab melalui   al- a,rodh  dan Munaqosah  dengan sempurna tentunya  tergantung dengan  keadaan  waktu  yang terisi ( produktifitas amaliyah diniyah  ) bagi setiap kita  manusia.  Diantara  pendukung  keberhasilan hisab  diantaranya adalah menghadirkan jasad diri  kita di majelis Ilmu, Melahirkan pola pemikiran kita  untuk senantiasa membesarkan ajaran Allah Swt dengan baik berdasarkan syariah. Mohon maaf. ###  Wassalamu,alaikum Wr.Wb. ###

Tidak ada komentar:

Posting Komentar