Senin, 14 Januari 2013

Jalan Keluar MSI


Kisi-kisi  Metodelogi   Study  Islam 
 
Islam  sebagai  agama  yang  kita  anut kita  yakini akan mneghantarkan kita   pada  titik  kemulyaan dan kebahagian di kehidupan yang  berikutnya. 

Metodelogi  Studi  Islam   dengan berbagai  pendekatan kajian  yang  ada   sangat signifikan bagi  ummat Islam. 

Dengan  Dasar Alqur’an dan Hadis  serta  Ijtihad merupakan hal yang signifikan (nyata ) dalam pendekatan  beragamanya  manusia.

Setiap  agama dapat di pastikan akan memunculkan  peluang timbulkan aliran aliran dalam beragama tersebut yang jika terjadi kesalahan referensi maka  kan  mengakibatkan kesalahan pola beragama itu sendiri.
 Prof.Dr Harun Nasution, pada  buku “ Islam di tinjau  dari berbagai  Asfeknya “, dalam mensikapi  proses  beragamanya manusia dengan pendekatan  Filsafat  dan  ada  perbedaan antara  filsaft dan ilmu pengetahuan. 

Untuk menemukan formasi yang  tepat Ilmu  Fiqh  dalam  proses  beragamanya   sangat  mempengaruhinya karena  berbagai  hal ada di dalam progres ilmu fiqh.

Kenyataan  di  lapangan,Kehidupan manusia  tidak akan terlepas  dari lingkungan  Pranata  Sosial.  Berlebih alqur,an  dari beberapa  analisa   lebih  banyak  membicarakan  unsur  sosial di  banding dengan unsur  Ibadah.

Manusia  dalam beragama  akan tidak terlepas  dengan  sejarah  dan juga  peradaban, mohon saudara  kemukakan  tentang Budaya,Peradaban dan sejarah  pada  beragamanya manusia.

Jakarta , 14 Januari 2013
@  hz
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar